Pages

Kamis, 16 Juli 2009

CARA MEMBUAT IFRAME UNTUK BLOG

Sekarang ini banyak website pribadi ataupun jasa periklanan internet online yang menggunakan perintah iframe. Karena memang dengan menggunakan iframe anda tidak memerlukan ruang yang besar untuk menampung sebuah halaman website. Ruang iframe cukup sebesar sidebar saja pada halaman website kita, artinya yang kecil bisa menjadi besar. Contoh Iframe bisa anda lihat seperti sponsor saya KumpulBlogger.com dibawah ini.

Ketika saya jalan-jalan (baca : Browsing), tanpa sengaja saya menemukan perintah iframe ini di blognya master Ayiek, karena memang sudah di-izin-in oleh sang pemilik untuk di pake, yach..saya ambil saja terus saya coba dulu di blok saya ini, gimana sih hasilnya?, eh..ternyata hasilnya cukup bagus dan bisa dipake, serta bisa untuk ditampilkan dalam blog.

Kebetulan blog ini tempatnya belajar apa aja tentang website, jadi sengaja aja saya kasihkan lagi untuk anda yang memerlukannya, dan saya yakin master Ayiek setuju-setuju saja.

Sebelum anda memasang perintah iframe ini di blog anda, sebaiknya anda coba dulu pada Template anda perintah ini dengan sedikit edit yang anda perlukan. Gunakan Pratinjau sebelum anda menyimpannya, agar hasil dari pemasangan perintah iframe ini sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Berikut perintah iframe yang bisa anda pasang pada sidebar blog anda:

< iframe scrolling="no" frameborder="0" width="188" height="257" src="http://[ganti dengan alamat situs yang ingin ditampilkan].com">< /iframe>

Keterangan :
1. ganti dengan alamat situs yang ingin ditampilkan, yaitu nama dari situs/website yang ingin kita masukan didalam iframe.

2. scrolling, berfungsi mengatur halaman iframe, kalau "no" artinya halaman iframe tidak bisa discroll, kalau "yes" artinya halaman iframe bisa di scroll menggunakan mouse.

3. frameborder, berfungsi untuk mengatur tampilan iframe ada border/garisnya (opsi : 0 - angka sesuka anda, semakin besar angka yg anda masukkan maka semakin tebal garis bordernya)

4. width, berfungsi untuk mengatur lebar tampilan iframe (satuan ukur px, atau yg lainnya)

5. height, berfungsi untuk mengatur tinggi tampilan iframe (satuan ukur px, atau yg lainya)

1 komentar:

  1. bang...bisax di template yg udh di download langsung ada menux...di klick kosong gimna qta bisa masukan postingan qta sendiri...tx bang

    BalasHapus