Pages

Jumat, 03 Juli 2009

CARA BIKIN WEBSITE DENGAN BLOGSPOT

Sebagai pemula di internet kadang kita bingung apa yang harus kita lakukan? apa yang kita cari? kalau kita hanya cuma ingin browsing saja sih tidak masalah tinggal klik apa yang kita cari pasti ketemu.

Lain hal kalau kita ingin lebih dari sekedar browsing saja, mau bikin webblog misalnya? tapi ngga tau caranya. Nah bagi newbie banget, mungkin blog ini bisa jadi pilihan untuk anda bagaimana cara bikin webblog yang paling mudah, meriah, dan gratis. hehehe...



Sebelum memulai bikin blog, pertama-tama kita harus menentukan terlebih dulu blog apa yang akan kita gunakan, ada blogger dengan blogspot atau wordpress dan lain sebagainya masih banyak lagi, kita tinggal memilih saja, misalnya seperti blog ini, saya menggunakan Blogger. Ok deh, saya anggap saja anda menggunakan blogger ini juga sama seperti saya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum anda membuat blog adalah, anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi di gmail untuk mendapatkan account email di gmail karena memang username yang digunakan untuk bisa masuk ke blogger, kita harus menggunakan email gmail kita.

Langkah kedua, setelah selesai registrasi dan kita sudah mempunyai email selanjutnya anda sudah bisa masuk ke blogger dengan mengetik alamat http://www.blogger.com pada browser web (internet explorer, mozilla firefox, atau yang lainnya), kemudian tekan enter, dan akan terlihat tampilan Blogger. Tapi sebelum memulai membuat Blog sebaiknya anda terlebih dahulu mengatur bahasa yang digunakan, yach kalau kita orang Indonesia gunakan Bahasa Indonesia agar mudah memahaminya.

Langkah ketiga, setelah anda melakukan pengaturan bahasa, selanjutnya anda sudah bisa memulai langkah-langkah mudah di blog yaitu :

1. Ciptakan Sebuah Account, ketika anda sudah berada didalam tampilan ciptakan sebuah blog ini, anda akan diminta untuk mengisi data-data seperti :

- Alamat Email, Isilah kolom pendaftaran alamat email ini dengan alamat email anda.

- Ketik Ulang Alamat Email, Ketik ulang alamat email anda untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan alamat email.

- Masukkan Sebuah Pasword, Masukan password atau sandi blog anda, huruf, atau kombinasi keduanya. Password ini berguna untuk bisa masuk ke blog anda. Dan harus diingat, anda jangan sampai lupa password blog anda.

- Ketik Ulang Sandi, Ketik ulang sandi blog anda untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan sandi.

- Nama Tampilan : Isi dengan nama yang ingin anda tampilkan header website, misalnya "Pondok Web"

- Verifikasi Kata : Ketik saja karakter yang tertulis pada verifikasi kata, pada kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya ada berada pada Penerimaan Persyaratan, disini anda beri centang saja pada kotak kecil yang artinya anda menerima Persyaratan dan Layanan dari Blogger.

2. Beri Nama Blog, Pada tahap ini anda akan diminta untuk :

- Judul Blog, Isilah judul blog sesuai dengan keinginan anda. Judul blog akan tampak pada blog yang anda publikasikan, contoh : "Pondok Web"

- Alamat Blog atau URL, Alamat blog ini sangat penting, karena URL inilah yang nantinya anda publikasikan pada orang-orang yang akan mengakses website anda. Sebelum membuat URL anda juga harus cek ketersediaan dulu, apakah URL yang anda buat sudah atau belum digunakan oleh orang lain. Karena memang URL ini tidak mungkin sama diseluruh dunia, jadi hanya ada satu saja. Jika anda sudah memiliki URL misalnya "Pondok Web" maka ini jadi milik kita.

3. Pilih Template, Pada tahap ini kita diminta untuk memilih template yang kita sukai. Tapi sebelum memilih template, hendaknya anda gunakan "preview" untuk melihat tampilan template tersebut. Sekiranya sudah mantap dengan pilihan template tersebut, anda tinggal memberi klik pada salah satu template yang disediakan blogger. Kemudian klik Lanjutkan. Selanjutnya akan tampil tulisan "Blog Anda telah diciptakan", berarti anda telah berhasil membuat blog anda. sekian.

Selamat Mencoba.....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar