Pages

Jumat, 10 Juli 2009

CARA MEMBUAT READ MORE DI BLOGSPOT

Setelah anda sudah cukup menguasai cara membuat posting artikel, opini dsbnya seperti yang saya jelaskan sebelumnya, sekarang kita mulai lagi dengan membuat Read More. Apa itu Read More? Read More merupakan hyperlink yang dipasang untuk menyembunyikan sebagian posting. Memang dengan Artikel yang terlalu panjang akan membuat tampilan blog jadi tidak indah karena artikel tersebut tampil melorot kebawah secara berlebihan pada halaman blog. Saat ini Blogger memang belum menyediakan fasilitas Read More secara otomatis pada template blog. Jadi kita harus mencari sendiri bagaimana membuatnya. Oleh karena disini akan saya jelaskan cara membuat read more untuk blog anda di blogspot dengan templet classic.

1. Memasang Kode Eksekusi Read More

Masuklah anda ke blog anda. Pada Dasbor klik Pengaturan. Kemudian, klik Format pada menu Pengaturan. Kemudian, anda lihat halaman dengan menggeser scroll bar yang ada sebelah kanan kearah bawah. Dan anda akan menemukan tulisan Template Posting. Pada kolom template posting sisipkan kode berikut :

< span class="fullpost">
< /span>

Setelah selesai kemudian klik Simpan Pengaturan, ini maksudnya untuk menyimpan pengaturan yang telah kita lakukan.

Kode tersebut diatas nantinya akan selalu mengikuti apabila setiap kali kita melakukan posting baru, jadi kita tidak lagi direpotkan harus membuatnya terus menerus. Perlu juga saya jelaskan disini bahwa tulisan artikel anda tersebut akan berada diantara keduanya.

Contoh :
Bidang Menulis Artikel
< span class="fullpost">
Bidang menulis Artikel
< /span>

2. Memasang Script Read More Pada Halaman HTML

Langkah selanjutnya setelah kita memasang kode eksekusi read more pada pengaturan, maka kita akan mencoba memasang script kode read more pada halaman template.

caranya adalah; jika kita masih berada di Dasbor, klik Template maka akan muncul halaman edit html, disinilah kita akan memasukkan script kode read more tersebut. Kemudian setelah itu kita coba mencari kode < div class="post-body"> dengan menggeser scroll bar yang ada sebelah kanan kearah bawah. setelah kita menemukan kode dimaksud maka selanjutnya kita memasukkan script kode read more di bawah ini setelah kode :

< div class="post-body">

< style>
< MainOrArchivePage> span.fullpost {display:none;}
< /MainOrArchivePage>
< ItemPage> span.fullpost {display:inline;}
< /ItemPage>
< /style>

< p><$BlogItemBody$> < /p>

< MainOrArchivePage>
< br/>
< a href="<$BlogItemPermalinkURL$>" mce_href="<$BlogItemPermalinkURL$>">Read More...
< /a>
< /MainOrArchivePage>

Tulisan "Read More" tersebut bisa rubah, misalnya "Baca Selanjutnya"

Nah...Setelah langkah tersebut diatas kita lakukan dengan baik, selanjutnya perubahan itu kita simpan dengan mengklik "Simpan Perubahan Template" tunggu sebentar proses loding. Jika telah selesai proses loding coba di klik "Lihat Blog" bagaimana hasilnya. Jika memang masih ada kesalahan lakukan lagi prosesnya dari awal.

Selamat Mencoba...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar