Pages

Kamis, 09 Juli 2009

BAGAIMANA CARA MENGEDIT POSTING DAN PENGATURAN DI BLOGSPOT

Setelah anda sudah cukup memahami cara memposting artikel,opini dsbnya serta menerbitkan posting tersebut. Sekarang kita lanjutkan bagaimana cara mengedit posting dan mengedit pengaturan;



Sebelum memulai penjelasan, perlu saya sampaikan disini bahwa penjelasan yang saya berikan diblog ini saya rekomendasikan mengunakan template classic, kenapa pakai template klasik? Karena suatu saat nanti jika anda ingin merubah blog ini dengan mempunyai Domain dan Hosting sendiri, anda tidak terlalu banyak lagi melakukan perubahan-perubahan. Dan kita juga sudah terbiasa dengan template classic jadi kita tidak terlalu bingung ketika kita harus pindah hosting, karena ini memang pengalaman saya sendiri ketika saya mencoba membeli Domain dan Hosting sendiri, untuk web saya Taman Pajak, waktu itu saya tidak menggunakan template classic di Blogger ini, tapi pakai template biasa, alhasil perubahan yang saya buat di template biasa tidak bisa dipakai alias hilang ketika harus pindah ke template classic. Ok, itu merupakan pengalaman dan menjadi guru yang terbaik untuk saya, makanya saya disini ingin berbagi pengalaman itu untuk anda.

Sekarang kita mulai saja penjelasan mengenai cara mengedit posting dan pengaturan tersebut :

1. Sebenarnya untuk melakukan edit posting saya rasa tidaklah terlalu susah, anda tinggal mengklik edit entri, maka tulisan yang telah anda tulis akan muncul dengan sendirinya. Nah sekarang yang penting itu adalah untuk apa anda mengedit posting tersebut? apakah untuk menambah gambar atau menambah video. Kalau memang tujuan anda untuk menambah gambar atau video, maka anda harus mengklik "tambah gambar atau tambah video" itu pada navbar atas posting. Ketika anda mengklik "tambah gambar" maka akan muncul jendela yang didalamnya terdapat pilihan; "tambah gambar dari komputer" atau "tambah gambar dari web"; kalau dari komputer anda bisa langsung browse dari komputer anda, sedangkan dari web, anda bisa memasukan url web yang anda ketahui bisa mengambil gambar dari sana. Sebelum mengupload gambar tersebut ke postingan anda, anda harus mengatur dulu pilihan sebuah layout; kiri, tengah, kanan, juga ukuran gambar; kecil, menengah dan besar. Setelah selesai klik "Upload Gambar" maka gambar tersebut akan tampil dipostingan anda. Demikian juga jika anda ingin "Tambah Video", hal yang sama bisa anda lakukan yaitu klik "Tambah Video" maka akan muncul jendela yang didalamnya terdapat "pilih berkas yang akan diunggah". Anda bisa browse dari komputer anda dgn file AVI, MPEG, QuickTime, Real, dan Windows Media. Tapi sebelum membrowse beri judul dulu video yang akan diupload. Jika sudah klik setuju, lalu anda bisa langsung mengupload. selesai deh...!!!

2. Untuk mengedit pengaturan tidak terlalu susah juga. Pengaturan itu terdiri dari : Dasar, Publikasikan, Format, Komentar, Arsipkan, Feed Situs, Email & Selular, OpenID, dan Izin.

a. Pengaturan Dasar; disini anda bisa memberi judul web dan uraiannya, contoh: "Pondok-Belajar Web; Tempatnya Belajar Web Bagi Pemula"

b. Publikasikan; disini tempatnya untuk mengubah Domain Kostum ke FTP yaitu jika anda ingin membeli Domain dan Hosting sendiri, seperti yang saya jelaskan diatas.

c. Format; disini bisa anda gunakan untuk mengatur Tampilan Tulisan pada Halaman Utama.

d. Komentar; disini hanya untuk mengatur komentar

e. Arsipkan; disini untuk mengatur frekuensi pengarsipan saja.

f. Feed Situs; untuk mengatur feed blog

g. Email dan Selular; untuk mengatur stelan jika web anda ingin dibuka di Handphone.

i. OpenID: untuk mengatur pengeposan komentar pada blog.

j. Izin; memuat penulis blog dan pembaca.

Selamat mencoba...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar