Pages

Minggu, 19 Juli 2009

MEMBUAT DOMAIN GRATIS DENGAN CO.CC, HOSTING TETAP DI BLOGSPOT

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya kita bisa memiliki domain dan hosting sendiri dengan cara berbayar alias membeli ke server penyedia layanan itu misalnya di RumahWeb.com, tapi tidak semua orang setuju dengan cara berbayar tersebut, karena memang masih ada layanan yang gratisan, yang bisa jadi alternatif, jadi apa mau dikata, tinggal anda saja yang memilihnya.

Sebenarnya layanan yang gratisan itu tidaklah terlalu mengecewakan, hanya saja domain yang kita punya tidak bisa di anggap milik kita 100%, karena domain yang kita punya dilayanan gratisan bisa saja dipakai orang lain, ketika orang tersebut membelinya dengan cara berbayar. Jadi mau bayar atau gratis nih. hehehe

Disini saya tidak menjelaskan domain dan hosting yang berbayar, tetapi hendak menjelaskan bagaimana mempunyai domain sendiri gratis pake co.cc dengan hosting masih di blogspot.

Kalaupun anda memang punya keinginan untuk mendapatkan domain yang gratisan saja, anda bisa mendapatkannya yaitu dengan cara mendaftar di http://www.co.cc/

adapun cara mendaftar di co.cc antara lain :

1. Kunjungi website co.cc ini.

2. Setelah tampilan co.cc sudah penuh, bagi anda yang baru saja berada disini, anda bisa mendaftar dengan cara; "klik Buat account baru sekarang" atau bagi yang ketika masuk, tampilannya menggunakan bahasa Inggris, anda bisa merubahnya kedalam bahasa Indonesia saja, Nah, setelah anda klik buat account yang baru sekarang tadi maka tampilan berikutnya adalah form pengisian account yang harus anda isi sesuai dengan permintaan yaitu Pada Nama Pengguna : "Nama Depan, Nama Belakang, Alamat email, Jenis Kelamin, Tanggal lahir, Masukan sebuah password, ketik ulang sandi, Verifikasi kata. Pada Account Information : "Nama organisasi (ini bisa anda isi sesuai nama blog anda), Alamat Jalan, Kota, Propinsi, Kode Pos, Negara/Kawasan, Language, Telepon, Faks, Messenger, URL Homepage". Setelah semuanya terisi, anda beri centang pada "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" terus apabila telah setuju anda langsung klik "Buat account baru sekarang" selesai.

3. Setelah selesai pendaftaran, silakan anda memasukan nama domain anda untuk mencek ketersediaan domain tersebut di co.cc, apabila domain yang anda ingin tersedia, maka klik saja "Lanjutkan ke pendaftaran", anda akan masuk ke "Your new domain has been successfully registered" artinya anda telah sukses registrasi. Tapi registrasi ini hanya berlaku selama 2 hari saja, jika tidak, maka registrasi ini dibatalkan.

Untuk Integrasi ke Blogspot :

Cara Pertama :
1. Setelah sukses registrasi, anda lanjutkan klik "Setup"
2. Anda akan berada pada "Manage Domain" dimana Domain dan Hosting anda berada dan ini dibiarkan saja.
3. Selanjutnya pada "My Domain" yang terdiri dari : Name Server, Zone Record, URL Forwarding. Dan dari ketiganya anda pilih saja, dengan mengklik "Zone Record"
4. Pada pilih di Zone Records, pada "Add a record" anda diminta memasukkan :
a. Pada "Host" isi dengan domain co.cc anda. contoh : www.hairulpahmi.co.cc
b. Pada "TTL" pilih 1D tidak berubah.
c. Pada "Type" pilih CNAME.
d. Pada "Value" isi dengan "ghs.google.com"
e. Setelah semua terisi lalu anda klik "Setup".
f. Selesai, hasilnya bisa anda lihat pada "Zone Records" anda.

Cara Kedua :
1. Jika kemaren anda hanya mendaftar saja di www.co.cc, dan sekarang anda ingin melanjutkan lagi untuk memiliki Domain dari co.cc, maka ada harus login dulu di co.cc dengan id anda waktu mendaftar kemaren.
2. Ketika login sudah selesai dan tampilan website sudah penuh, maka anda klik saja "Bagi pengguna yang kembali berkunjung, sign in disini".
2. Langkah berikutnya sama seperti cara pertama, jadi tidak saya lanjutkan lagi.

Untuk Setting di Blogspot.com antara lain:

1. Login ke blogger.com Anda.
2. Klik "Pengaturan" atau "Setting"
3. Klik "Publikasikan" atau "Publish"
4. Berpindah ke: "Domain Kustom"
5. Klik "Anda sudah memiliki domain?" -> Beralihlah ke pengaturan lanjut ->
6. Klik "Domain Anda" -> Isi alamat domain Anda di kotak. Contoh : www.hairulpahmi.co.cc
7. Isi Verifikasi Kata. Klik "Simpan".
8. Selesai, selanjutnya anda bisa pakai domain baru dengan co.cc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar