Pages

Senin, 20 Juli 2009

CARA CEPAT CONTENT ATAU WEBSITE TERINDEX DI GOOGLE

Sebagai pemula, hal yang paling penting setelah selesai membuat blog/website, adalah bisa mendaftarkan website yang telah kita buat tadi kedalam mesin pencari seperti Google, Yahoo, dsbnya. Akan tetapi setelah kita mendaftarkan blog/website kita tadi kemesin pencari, kadang kita merasa kecewa, mengapa website yang kita buat belum terindex dengan baik di mesin pencari.

Siapa sih yang tidak ingin blog/websitenya bisa cepat terindex oleh google. Pastinya hampir semua ingin agar blog/website yang telah dibuat dengan susah payah bisa terindex dengan cepat di google.

Jika saja blog/website kita terindex dengan baik di google, apalagi bisa mendapatkan urutan teratas dalam hasil pencarian google, sudah pasti akan bisa untuk menarik perhatian pengunjung agar datang ke blog/website kita. Tetapi bukan hal yang mudah untuk menjadikan blog/website kita teratas dari hasil pencarian.

Berikut bisa anda coba beberapa cara dibawah ini :

1. Tambahkan(Add) URL Pada Google.

Cara ini cukup simple tapi cukup membosankan karena setiap kali posting kita harus submit url kita di google. Cara ini bisa juga anda siasati, yaitu hanya men-submit url di google pada postingan yang terakhir saja. Ingin coba anda bisa klik disini http://www.google.co.id/addurl


2. Masuk ke Perkakas(Tools) Webmaster

a. Pada halaman Google, anda masuk/login ke Google Accounts anda.
b. Pada tampilan Google Accounts, anda pilih dan klik Perkakas(Tools) Webmaster
c. Pada tampilan Google webmaster tools, anda pilih dan klik Add a site. Disini anda diminta untuk memasukkan URL anda lalu klik continue, tunggu sebentar prosesnya.
d. Jika proses telah selesai, maka akan terlihat :
- Site URL : ini url yang anda masukan tadi.
- Verification status : Not Verified, ini terjadi karena url anda belum diverifikasi.
- Verification method : Meta tag, terdapat kode meta yang harus kita masukkan pada blog/website kita.

Contoh :
< meta name="verify-v1" content="KwE5WV+gUjgGltngNiyxC0plUe34CthWzAS6PeNEULQ=" />

Nah, Jika anda sudah menemukan kode "meta" seperti contoh, ada bisa meletakan code tersebut kedalam blog/website anda pada posisi dibawah code "< head>". setelah ok, lalu anda klik "Simpan Perubahan Template".

Jika semua berjalan dengan baik, selanjutnya anda harus kembali lagi ke google web master untuk verifikasi. Klik "Verify" untuk memverifikasi code yang telah anda masukkan tadi. Selamat anda kini sudah bisa ter-index oleh google.

3. Menambah Format Feed cadangan di Sitemaps

Salah satu cara memudahkan spider google mengindex halaman yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Sayang diblogger kita tidak dapat memasang alamat sitemaps sendiri, jadi mau tidak mau kita menggunakan alamat standar feed Atom.xml. Tahukah anda tidak selamanya menggunakan satu target sitemap proses index halaman akan selalu berhasil. Untuk menghindari masalah ini saya sarankan anda menambah alamat sitemap cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan. Untuk blogger sendiri ada 4 format default feed yang bisa digunakan sebagai cadangan sitemap:

Atom.xml
Rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss


Cara membuat Format Feed cadangan di Sitemaps:

Pada menu Sitemaps, kemudian silahkan pilih Add Sitemap. Pada combo box silahkan pilih Add general Sitemap lalu masukan pilihan feed default diatas.


4. Masuk Melalui Google Search.

Ini juga salah satu cara agar blog/website anda terindex dengan baik di google. Sering-seringlah anda masuk keblog/website melalui google search. Karena dengan semakin sering anda masuk melalui google search tentunya akan menaikan pagerank blog/website anda di google.

Selamat mencoba...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar