Pages

Selasa, 03 November 2009

CARA MEMBUAT READ MORE DI BLOGSPOT VERSI BARU

Saya rasa masih banyak yang tidak mengetahui cara membuat Read More atau Baca Selengkapnya pada blogspot versi baru, sebelumnya saya juga pernah menulis cara membuat Read More dengan template classic, karena memang sebelumnya saya selalu memakai template classic pada setiap situs yang saya buat.

Ketika saya mencoba beralih untuk menggunakan template blogspot yang baru, ternyata saya harus merubah total semuanya, karena sebelumnya saya terbiasa dengan Template untuk versi classic sedangkan pada versi baru ini saya harus terbiasa mengotak-atik Tata Letak.

Sebelum saya menjelaskan Read More di Tata Letak, Anda terlebih dahulu harus ke Pengaturan atau Setting untuk membuat kode dibawah ini :

< span class="fullpost">

< /span>

Kode diatas bisa Anda tempatkan pada => klik Format atau Formatting => kebawah cari Template Entri isi kode diatas pada kotak kosongnya => klik Simpan. Selesai

Selanjutnya akan saya coba jelaskan lagi cara membuat Read More di blogspot antara lain :

1. Anda coba buka Tata Letak klik Edit HTML terus beri tanda centang pada Expand Widget Template.

2. Cari kode < /head >

3. Jika sudah ketemu kode < /head > ini, maka Anda harus meletakkan kode berikutnya ini persis diatas kode < /head > yaitu :

< style>
< b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
span.fullpost {display:inline;}
< b:else/>
span.fullpost {display:none;}
< /b:if>
< /style>

4. Jika kode diatas sudah Anda letak pada posisi yang benar, selanjutnya

5. Anda coba cari lagi kode ini yaitu : < p>< data:post.body/>< /p>

6. Nah, jika kode diatas (no.5) sudah pula Anda temukan, maka kode berikut harus Anda letakan dibawah kode diatas (no.5) tadi. Kode tersebut yaitu :

< b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
< a expr:href='data:post.url'> Baca Selengkapnya...< /a>
< /b:if>

7. Jika proses itu sudah benar, maka Anda bisa klik "Simpan Template" untuk menyimpan perubahan yang sudah kita lakukan.

8. Sebenarnya proses diatas sudah selesai, tapi alangkah baiknya kita lihat lagi hasil perubahan tadi dengan "Preview atau Pratinjau".

Sekian...Semoga bermanfaat..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar