Pages

Sabtu, 27 November 2010

CARA MEMBUAT TOKO ONLINE DENGAN AOM (BAGIAN PERTAMA)

Sebelumnya saya sudah menulis cara membuat toko online di Amazon, baca. Dan juga untuk memenuhi keinginan pengunjung situs ini, serta memberikan sedikit sumbangsih pengetahuan tentang toko online amazon kepada para pemula (bukan internet marketing) yang selalu ingin mencari dan mencari terutama toko online yang menggunakan associate-o-matic.

Banyak yang masih belum mengerti cara membuat toko online dengan associate-o-matic, saya saja sebelum membuat tutorial ini cukup lama baru mengerti cara membuatnya dan ternyata cukup mudah saja. Tutorial ini sengaja saya buat terutama untuk pribadi, apabila jika suatu waktu nanti saya lupa, saya bisa cari situs ini.



O..iya, tulisan diatas hanya sekedar intermezo saja, sekarang kita mulai langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Sebelum anda membuat toko online yang dimaksud, anda harus tentukan terlebih dahulu "Kata Kunci" toko apa yang ingin anda buat? misalkan saja toko yang ingin anda buat mengenai produk sepatu(shoes) , hehe..lagi-lagi mengenai sepatu(shoes), disini anda bisa menentukan namanya, contoh yang saya punya lihat di toko online saya ini saya selalu membawa nama shoes atau shoe, agar mesin pencari dapat mengindex toko kita sesuai kata kunci.

Ada banyak produk yang bisa anda ambil untuk toko online anda, tetapi alangkah lebih baik jika anda bisa menentukan atau mencari produk yang lebih spesifik. Karena dengan produk yang spesifik, pengunjung anda bisa memilih lebih detail produk yang mereka inginkan. Pilihan mereka tidak terpecah karena banyaknya alternatif produk didalam toko online anda. Memang sebenarnya tujuan utama dari toko online yang kita buat adalah bisa menghasilkan dolar, tetapi tentu saja dengan banyaknya pilihan produk yang kita tawarkan bisa jadi pengunjung toko online anda tidak jadi membeli produk yang dimaksud.

2. Jika kata kunci untuk toko online anda sudah anda temukan, otomatis kata kunci itu bisa jadi nama domain anda. Tetapi anda jangan senang dulu, karena nama domain yang anda inginkan tadi harus anda coba dulu dikotak pencarian nama domain. Jika memang nama domain itu belum ada yang memiliki, maka dia akan available artinya bisa anda pakai atau gunakan karena belum ada yang memilikinya.

Satu hal lagi yang harus diingat, bahwa nama domain yang dipakai, apakah mau yang gratisan atau berbayar? Untuk yang berbayar tidak saya jelaskan disini, saya hanya memberikan yang gratisan saja. Nah, untuk yang gratisan ini anda bisa daftar di co.cc, atau jika anda belum tahu cara membuat domain di co.cc, anda bisa baca disini.

3. Nama domain sudah anda miliki, meski hanya yang gratisan,tapi itu sudah cukup untuk bisa mempunyai toko online. Selanjutnya nama domain anda tadi, anda daftarkan di 000Webhost.com sebuah hosting gratisan yang cukup lumayan, karena bandwidthnya cukup besar. Dan terlepas masalah bandwidth, jika anda belum tahu cara mempunyai account di 000Webhost.com, anda bisa baca disini. Ketika proses pendaftaran domain anda sudah selesai, maka anda akan mendapatkan control panelnya 000Webhost, yang berfungsi untuk mengatur situs anda.

4. Sekarang hosting sudah anda miliki, artinya semua sudah komplet untuk sebuah situs atau website, selanjutnya anda harus mendownload Associate-O-Matic (dibaca=AOM) disini. AOM ini sebenarnya terbagi dalam 2(dua) versi yaitu versi yang free (Lite) atau versi full (full version). Jika anda menggunakan versi yang free, maka apabila ada pengunjung mengklik item barang yang dijual, maka mereka akan dibawa kesitusnya Amazon.com, sedang untuk yang full version, jika ada klik barang, pengunjung tersebut masih akan tetap berada disitus anda, sampai benar-benar terjadi transaksi.

5. Yang terakhir ini tidak kalah penting, yaitu anda harus mendownload FileZilla disini. Apa itu FileZilla? FileZilla adalah software yang digunakan untuk mengupload file-file ke hosting, termasuk file AOM. Dan FileZilla yang baru saja anda download, harus diinstal kekomputer anda. Selesai.

Untuk bagian pertama ini saya rasa cukup, karena apa yang kita perlukan sudah tercover semuanya, selanjutnya pada bagian kedua nanti akan saya berikan cara upload ke hosting dan lain-lainnya.

sekian, semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar